August 21, 2014

News:

IHSG Siaga Satu -

Wednesday, August 20, 2014

Top Foreign Buy Minggu Lalu -

Monday, August 18, 2014

Dasyatnya Keuntungan MMM -

Saturday, August 9, 2014

ANALISA IHSG, KLBF & BUMI -

Saturday, August 9, 2014

3 SAHAM BATUBARA PILIHAN ASING -

Friday, August 8, 2014

Website Tidak Bisa Diakses -

Thursday, August 7, 2014

Prediksi IHSG bulan Agustus -

Thursday, August 7, 2014

Voting : Target IHSG bulan Agustus ?! -

Thursday, August 7, 2014

Apa yang terjadi selama Libur -

Thursday, August 7, 2014

THE LAST 3 SEATS -

Thursday, July 31, 2014

Memilih Software Technical Analysis

Melanjutkan artikel sebelumnya, mengenai Memilih Indicator Terbaik, kali ini kita akaan membahas mengenai Technical Analysis Software.  Seorang investor atau trader yang ingin serius di pasar modal umumnya membutuhkan software technical analysis yang lebih advanced daripada yang disediakan oleh yahoo finance atau Online Tading yang kita gunakan.

Software TA yang baik dapat membantu kita menganalisa secara technical, artinya kita bisa memakai ilmu Technical Analysis yang kita miliki dalam software tersebut, sehingga kita bisa mempraktekan ilmu yang dimiliki dan menpraktekannya dalam trading sehari-hari.

Cukup memprihatinkan jika melihat kenyataan bahwa mayoritas investor ritel di Indonesia tidak memiliki software yang memadai untuk kebutuhan trading mereka. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah sebagian dari investor tersebut seringkali sudah menghabiskan banyak dana untuk mengikuti training, dan membeli berbagai system yang ada di market namun tidak ada yang dipakai untuk trading mereka. Keputusan investasi dan trading lebih banyak dilakukan melalui rekomendasi, rumor dan juga running trade.

Beberapa masalah yang sering kali menjadi penghalang adalah :
1.    Tidak bisa mengoperasikan software.
Minimnya pendidikan yang tersedia seringkali menjadi penghambat masalah ini. Saya pernah mengikuti beberapa workshop technical, dan saya mendapatkan sebagian besar waktu workshop lebih memfokuskan kepada cara pakai indicator, teknik trading dan teori-teori lainnya. Hal tersebut dapat dimengerti karena jika anda sudah membayar jutaan rupiah untuk mengikuti workhop, tentu anda akan mengharapkan mendapatkan ilmu yang lebih “berat” daripada belajar membuka chart, menarik garis, memasang indicator dll. Namun sayangnya sebagian peserta akhirnya pulang membawa segudang ilmu, namun mengalami kesulitan dalam mempraktekannya., dan akhirnya tidak dipakai sama sekali.

2.    Tidak bisa mengupdate data harian
daily updateKarena data saham harus diupdate setiap hari, faktor ini seringkali jadi masalah utama. Umumnya pemakai akan berlangganan data ke pihak penjual resmi software, harga langganan datanya cukup mahal terutama bagi para trader pemula mayoritas masih dalam keadaan loss dalam trading, rata-rata langganan ada di kisaran 150 – 200 ribu per bulan, jumlah mungkin yang tidak terlalu terasa jika kita sedang cuan di market, namun kalau kondisinya sedang nyangkut sering kali jumlah tersebut memberatkan.

Sebenarnya untuk pengguna metastock ada cara mengupdate harian secara gratis dan dengan source dari BEI, namun tidak banyak yang mengerti caranya, jika kita googling juga kita tidak menemukan petunjuk yang mudah dimengerti mengenai cara menupdate data secara gratis dengan menggunakan sumber resmi dari bursa.

Saya pribadi lebih memilih mengupdate data secara manual dan gratis ini daripada berlangganan data dari manapun, karena menurut pengalaman saya pribadi update manual EOD (end of day) lebih cepat daripada berlangganan, dan datanya jauh lebih baik tidak pernah terjadi kesalahan-kesalahan data, seperti yang pernah saya alami ketika berlangganan data EOD.

3.    Kurangnya jam terbang.
Seperti saya bahas dalam artikel sebelumnya analisa technical adalah analisa yang harus diasah dari hari ke hari sampai kita menemukan jenis analisa yang sesuai dengan gaya trading, karakter dan ketersediaan waktu kita. Jadi jam terbang memang sangat dibutuhkan untuk membuat kita lebih yakin dalam menganalisa, namun menurut pengalaman saya point ketiga ini sering kali merupakan akibat dari masalah pada kedua point di atas, dan bukan karena kurangnya niat belajar para investor.

Pemilihan Software Technical Analysis  :
Software TA yang paling umum digunakan oleh para trader di Indonesia, adalah Amibroker dan Metastock. Saya pribadi  adalah pengguna setia metasock, saya pernah mencoba memakai amibroker namun menurut saya pribadi Metastock jauh lebih sesuai dengan kebutuhan saya.

AMIBROKER VS METASTOCK

metastock vs amibrokerJika anda kebetulan belum memakai salah satu dari software ini dan berencana untuk memiliki salah satu dari software ini berikut ini saya mencoba memberikan ulasan mengenai kedua software ini, beserta plus minusnya. Jika kita googling dan melihat voting yang dilakukan di negara – negara maju, kita akan mendapatkan bahwa Metastock jauh lebih unggul daripada Amibroker, namun hal itu bisa saja berbeda di Indonesia.

Saya akan mencoba memberi pandangan se-objektif mungkin (meskipun saya memang pemakai metastock) sehingga artikel ini  dapat membantu teman-teman semua. Saya akan membahas beberapa point yang menurut saya penting untuk seorang trader, saya akan memberikan rating dengan skala 1-5 untuk setiap kategori

1.    Kenyamanan Penggunaan  – MS  (5) vs (3) AMI
Kategori ini sedang membahas mengenai kemampuan masing-masing software untuk memenuhi dan mempermudah  analisa dan kebutuhan-kebutuhan trading lainnya. Hal ini mencakup dengan kenyamanan dalam menarik-narik garis, memasang dan mengubah parameter indicator, juga membantu kita menemukan saham-saham yang kita inginkan.

Dalam kategori ini saya sangat yakin bahwa metastock jauh lebih unggul dibandingkan dengan Ami. Jadi jika anda memakai classical TA, dan senang menarik-narik garis MS merupakan pilihan yang lebih baik.

2.    Kelengkapan Fitur Analisa  – MS  (5) vs (2) AMI
Kategori ini mencakup:
•    Kelengkapan Indicator Standard : dalam hal ini MS unggul karena menyediakan koleksi indicator built-in yang jauh lebih lengkap daripada AMI. Beberapa indicator standard sudah tersedia di MS, sementara di AMI kita dapat mencarinya di internet.
•    Kelengkapan Tools : Kaduanya memiliki tools seperti garis trendline, garis horizontal / vertical, Rectangle, Triangle, Fibonacci, dll.  Tetapi untuk tools yang lebih advanced seperti Gann Grid, Cycle Line, Probability Cone, Speed Resistance Line hanya tersedia di MS. Walaupun memang tools tersebut sangat jarang digunakan.
•    Stock Exploration : Fitur ini adalah salah satu fitur yang sangat powerful dan sangat berguna untuk kebutuhan trading sehari-hari.  Fitur ini membantu kita untuk menemukan saham-saham sesuai dengan kriteria kita, saham yang sedang golden cross, saham yang mengalami loncatan volume, saham yang sudah terkoreksi signifikan, dll. Metastock menyediakan built in Exploration untuk indikator-indikator dasar, sementara untuk AMI kita harus berlangganan.
•    Expert Commentary: Salah satu keunggulan lain metastock dimana kita bisa mendapatkan “komentar expert” untuk keadaan actual saham yang akan kita analisa, hal ini juga tidak tersedia di Ami, kecuali kita membuatnya sendiri atau membeli system yang menyediakan hal tersebut.
•    Tampilan Chart : Dalam hal ini Amibroker menang telak dibandingkan dengan MS, jika anda melihat chart yang penuh warna dan menarik secara visual, hampir bisa dipastikan chart itu dibuat di Ami.

3.    Advanced Technical Analysis – MS  (4) vs (4) AMI
Kategori ini mencakup penggunaan Formula Language atau coding untuk membuat indicator ,trading sistem atau trading strategy yang kita inginkan, kita juga bisa membuat stock exploration sesuai dengan criteria yang kita tentukan, bahkan untuk membuat back testing untuk melihat seberapa menguntungkannya trading system yang kita buat. Dalam kategori ini jika anda adalah orang biasa, yang tidak memiliki latar berlakang programming, Metastock adalah pilihan terbaik, karena jauh lebih mudah untuk dipelajari, dan bisa dimengerti semua orang.

Amibroker jauh lebih rumit, namun memberikan kemungkinan yang lebih luas jika anda memang ahli di bidang ini. Hal lain yang menguntukan jika anda pengguna amibroker adalah, banyak “afl addict” di Indonesia, mereka adalah komunitas yang tergila-gila dalam membuat indicator dan trading system di amibroker, sehingga anda bisa saling membantu dan bertukar pendapat bahkan berbagi-bagi indicator dalam komunitas tersebut.

4.    Harga Jual  – MS (1) – (5) AMI
price-tagTidak bisa dipungkiri bahwa dibalik semua keunggulan Metastock harga jual program ini juga lebih mahal dibandingkan dengan AMI, itu sebabnya AMI lebih popular di Indonesia. Menurut website yang agent resmi penjual Amibroker, harga software ini adalah Rp 2.750.000. Sementara untuk Metastock terbaru untuk versi EOD dijual di harga $499, atau kurang lebih Rp 5.000.000,-.

Sementara untuk langganan update data : Langganan data Real Time amibroker bisa kita dapatkan dengan biaya Rp 250.000 per bulan, sementara dengan harga yang sama kita hanya mendapatkan langganan data EOD untuk metastock, untuk real time data di metastock kita harus membayar Rp 500.000 per bulan.

5.    Update Harian Gratis MS (5) – (5) AMI
Amibroker memiliki fitur free update EOD yang bisa mengambil data langsung dari yahoo finance, sehingga lebih mudah untuk dilakukan, namun di sisi lain terdapat banyak kelemahan, karena di yahoo finance tidak terdapat harga opening jadi candlestick chart tidak bisa dimunculkan. Anda juga harus mengupdate setiap hari, karena Yahoo finance tidak memberikan historical data, jadi jika anda lupa mengupdatenya, maka harganya akan kosong selamanya. Hal ini sangat menyulitkan bagi setiap trader.

Alternative lain selain menggunakan update dari yahoo finance adalah dengan melakukan update manual dengan menggunakan data harian yang bisa kita download di Internet, caranya cukup mudah namun, kami membuat video tutorialnya yang dapat anda lihat disini.

Metastock juga dapat di update secara manual, caranya lebih mudah sumber datanya juga bisa anda ambil langsung dari website BEI, atau sumber-sumber lainnya. Proses update harian membutuhkan waktu kurang lebih 30 detik setiap hari. Kami memberikan contoh proses update dalam video tutorial di bawah.


6.    Program Bajakan – MS (5) – (1) AMI
Tanpa bermaksud untuk menyarankan rekan-rekan untuk memakai produk bajakan, saya hanya akan share sedikit mengenai produk bajakan untuk kedua program ini.   Seperti dibahas di atas AMI harus terkoneksi dengan internet untuk mengupdate datanya, sehingga pemakaian program bajakan akan sangat mudah di deteksi dan sering kali di blok. Jadi bisa dikatakan kita tidak bisa menggunakan amibroker bajakan.

Sementara untuk metastock anda tidak perlu terkoneksi dengan server manapun sehingga anda bisa memakainya terus menerus tanpa terdeteksi, jika anda tetap berlangganan data ke penyedia layanan data di Indonesia, anda tetap bisa berlangganan data meskipun anda memakai program bajakan.

7.    Training dan After Sales Service – MS (1) – (5) AMI
Training ImgUntuk di Indonesia kategori ini keunggulan didominasi sepenuhnya oleh amibroker, agen resmi penjual amibroker secara berkala mengadakan pendidikan supaya pengguna amibroker bisa memaksimalkan software yang dimilikinya, meskipun mayoritas hanya dilakukan di Jakarta. Namun seperti saya bahas di atas amibroker juga berhasil membangun komunitas online dimana para pengguna bisa saling bertukar pendapat dan berbagi ilmu.

Sebagai pencinta metastock saya cukup prihatin karena hampir tidak tersedia training atau workshop yang mengajarkan cara penggunaan memaksimalkan vitur-vitur yang tersedia di metastock, sehingga mayoritas pengguna metastock di Indonesia tidak mengetahui cara memanfaatkan keungulan-keungulan yang dimiliki metastocknya. Jadi meskipun secara kemampuan software metastock jauh lebih unggul, namun tidak banyak yang bisa memanfaatkannya.

Jika kita mencari training dari luar negeri, kita akan mendapatkan banyak webminar atau video tutorial yang dijual secara online, selain itu juga banyak terdapat buku mengenai metastock, namun menurut pengalaman pribadi belajar melalui video tutorial jauh lebih membantu daripada hanya membaca buku. Jika anda berminat untuk membeli salah satu video tutorial, “Stuart McPhee & David Jenyns – Metastock Secrets Seminar DVD” adalah salah satu yang menurut saya worth it untuk dibeli.

KESIMPULAN
Jika kita jumlah point-point yang didapat dari setiap kategori Metastock mendapat 26 point, sementara Amibroker mendapat 22 point, namun meskipun demikian amibroker dipakai jauh lebih banyak investor di Indonesia, beberapa alasan yang menurut saya mempengaruhi pemilihan tersebut adalah minimnya informasi dan training yang tersedia  sehingga keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Metastock tidak diketahui oleh pengguna, ditambah lagi lebih besarnya investasi yang dibutuhkan untuk membeli  software dan biaya update harian, namun sebenarnya hal tersebut bisa diatasi jika anda tidak keberatan memakai software bajakan dan bersedia melakukan update manual, maka penggunaan metastock bisa benar-benar free.

Anda dapat mempelajari penggunaan Metastock untuk memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan Metastock, dengan memesan Video Training Metastock ‘Step by Step’ Volume One , seperti dapat dilihat dalam video di bawah.

 

ANDA DAPAT MELAKUAN PEMESANAN DISINI

 

Quote of The Day:

When God brings an “unwelcome disturbance” into our lives, He never asks if it is convenient. The Lord expects to be trusted.

Comments
14 Responses to “Memilih Software Technical Analysis”
  1. Joni says:

    Mas Karo,

    Dimana bisa download ebook mengenai MetaStock.

    Thanks

    Joni.

    • Yang saya tahu ada buku Technical Analysis from AtoZ, dan dibuat oleh metastock, namun tidak terlalu banyak membahas mengenai metastocknya, lebih banyak mengenai indikator-indikator yang ada di metastock.

      Mungkin Pak Joni bisa googling mencari dengan judul tersebut.

  2. Oguds says:

    Saya malah menggunakan yg gratisan semua, yaitu Wall Street Analyzer dan update langsung dari BEI. Pernah coba AMI dan Metastock, tapi kok rasanya rumit ya. Indikator jangan yg kompleks, EMA cross harian dan mingguan sudah cukup. Indikator lain, ADX, CCI, CMF hanya pendukung saja.

  3. masrony says:

    Pak, kenapa Chartnexus tidak dimasukkan sebagai komparasi software TA ya pak? Apakah memang levelnya dibawah AMI dan MS, seperti fitur or somethingnya?

    Menurut saya, Chartnexus ini sudah cukup baik meskipun menggunakan versi yang free, karena selain support daily update, juga sudah mempunyai indikator2 yang umum untuk TA dan dapat dicustomize walaupun terbatas.

    Sorry saya nanyakan ini karena memang belum pernah menggunakan AMI dan MS.

    • Saya belum pernah benar-benar memakai Chart Nexus Pak Masrony, jadi merasa tidak punya kempetensi untuk memberikan penilaian terhadap software ini, saya sedang mencoba mencari informasi dari pemakai chart nexus supaya artikel ini bisa lengkap dengan ada komparasi dengan chart nexus.

      Namun kalau untuk kebutuhan bapak sudah cukup menggunakan Chart Nexus saya rasa tidak perlu untuk berpindah ke lain software.

      Salam

      • masrony says:

        Thank you Pak untuk reply-nya. Sebenarnya konotasi cukup ini mungkin karena saya pribadi belum pernah menggunakan AMI atau MS :-)
        Coba nanti sekali waktu saya coba-coba dulu versi trial salah satu software ini. Kalo menurut Bapak berarti prefer Meta Stock yah…

  4. fajri says:

    Pak, misalnya, untuk yang baru install metastock, gimana ya caranya biar bisa dapat data sampai dengan 5 tahun terakhir. Apa harus berlangganan? Apa bisa update gratis?

  5. maria elviera says:

    Pak, saya memakai chartnexus meski harus membayar biaya berlangganan yg cukup mahal…dan saat ini sedang mencari alternativ software…saya sdh lama mendengar ada yang bilang metastock memang bagus tapi mahal….seandainya bapak bersedia memberikan workshop utk para calon trader…bagus juga itu pak….saya mau jg daftar…sekedar saran saja

  6. Anto says:

    point no 4. PT Phillip Securities Indonesia ada data feed/Plug in Amibroker end of days FREE.

  7. Ipnu Subroto says:

    salam profit…..

    sy memakai chartnexus juga….

    tapi setelah sy bandingkan dg Metatrader….

    ternyata utk analisa, tampilan, indicator dan custom indicator……sy lebih prefer ke Metatrader…..

    adakah disini yg memakai Metatrader utk analisa saham…?

    (www.facebook.com/ipnusubroto79)

Leave A Comment